Cara Install XAMPP di Ubuntu dengan Mudah dan Cepat, Tidak Sampai 1 Menit!

Cara Install XAMPP di Ubuntu dengan Mudah dan Cepat

Cara Install XAMPP di Ubuntu – Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara install xampp di ubuntu. XAMPP merupakan aplikasi yang populer digunakan untuk membuat website yang terdiri dari Apache, MySQL, PHP, dan Perl.

Aplikasi ini juga mendukung sistem operasi Windows, macOS, dan Linux. Namun, dalam artikel ini kami akan membahas langkah-langkah Cara Install XAMPP di Ubuntu.

Apa itu XAMPP?

Sebelum membahas cara install xampp di ubuntu, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu XAMPP. XAMPP merupakan aplikasi open-source yang populer digunakan untuk membuat website.

Aplikasi ini terdiri dari beberapa komponen yaitu Apache, MySQL, PHP, dan Perl. XAMPP juga dilengkapi dengan fitur seperti FileZilla FTP server, phpMyAdmin, Mercury Mail server, dan Tomcat.

Kenapa Menggunakan XAMPP?

Menggunakan XAMPP memiliki beberapa kelebihan. Pertama, XAMPP mudah digunakan karena sudah terintegrasi dengan beberapa komponen yang diperlukan untuk membuat website.

Kedua, XAMPP dapat diinstall pada sistem operasi Windows, macOS, dan Linux. Ketiga, XAMPP bersifat open-source sehingga pengguna dapat mengunduh dan menggunakannya secara gratis.

Cara Install XAMPP di Ubuntu

Berikut adalah langkah-langkah Cara Install XAMPP di Ubuntu:

Langkah 1: Unduh XAMPP

Pertama, unduh XAMPP dari situs resminya. Pastikan untuk mengunduh versi yang sesuai dengan sistem operasi ubuntu yang digunakan.

Langkah 2: Pindahkan File XAMPP ke Folder Opt

Setelah mengunduh XAMPP, pindahkan file yang telah diunduh ke folder /opt dengan menggunakan perintah berikut:

sudo mv ~/Downloads/xampp-linux-x64-7.4.23-0-installer.run /opt

Langkah 3: Berikan Hak Akses Eksekusi pada File Installer

Setelah memindahkan file XAMPP ke folder /opt, berikan hak akses eksekusi pada file installer dengan menggunakan perintah berikut:

sudo chmod +x /opt/xampp-linux-x64-7.4.23-0-installer.run

Langkah 4: Install XAMPP

Setelah memberikan hak akses eksekusi pada file installer, install XAMPP dengan menggunakan perintah berikut:

sudo /opt/xampp-linux-x64-7.4.23-0-installer.run

Langkah 5: Mulai Apache dan MySQL

Setelah XAMPP terinstall, mulai Apache dan MySQL dengan menggunakan perintah berikut:

sudo /opt/lampp/lampp start

Langkah 6: Verifikasi Instalasi

Setelah Apache dan MySQL dijalankan, verifikasi instalasi XAMPP dengan membuka browser dan ketikkan http://localhost/ pada bar alamat.

Anda akan melihat halaman depan XAMPP yang menampilkan beberapa opsi. Pilih opsi phpMyAdmin untuk memastikan bahwa MySQL sudah berfungsi dengan benar.

Jika berhasil, Anda akan melihat halaman login phpMyAdmin. Masukkan username dan password yang sudah Anda buat sebelumnya ketika menginstal XAMPP.

Jika berhasil masuk, berarti instalasi XAMPP pada sistem Ubuntu Anda sudah selesai dan siap digunakan.

FAQs

Bagaimana cara menjalankan Apache dan MySQL secara otomatis setiap kali booting?

Untuk menjalankan Apache dan MySQL secara otomatis setiap kali booting, Anda perlu menambahkan perintah untuk menjalankan kedua layanan tersebut ke file rc.local.

Caranya, buka terminal dan ketikkan perintah sudo nano /etc/rc.local. Kemudian tambahkan perintah berikut sebelum baris “exit 0” pada file rc.local:

/opt/lampp/lampp start

Setelah itu, simpan file dan reboot sistem Anda. Sekarang, Apache dan MySQL akan berjalan secara otomatis setiap kali sistem booting.

Apakah XAMPP gratis untuk digunakan?

Ya, XAMPP adalah perangkat lunak sumber terbuka (open-source) dan bebas untuk digunakan oleh siapa saja.

Bagaimana cara menambahkan ekstensi PHP pada XAMPP?

Untuk menambahkan ekstensi PHP pada XAMPP, buka file php.ini pada direktori instalasi XAMPP (biasanya terletak di /opt/lampp/etc/php.ini) dan cari baris yang berisi “Dynamic Extensions”.

Kemudian, tambahkan ekstensi yang ingin Anda tambahkan pada baris tersebut. Misalnya, jika Anda ingin menambahkan ekstensi “gd”, tambahkan baris berikut:

extension=gd.so

Setelah itu, simpan file dan restart Apache untuk mengaktifkan ekstensi yang sudah ditambahkan.

Apa itu XAMPP Control Panel?

XAMPP Control Panel adalah antarmuka grafis yang digunakan untuk mengelola dan mengontrol XAMPP.

Dengan XAMPP Control Panel, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan layanan seperti Apache dan MySQL, memantau log, dan menjalankan perintah shell.

Apakah XAMPP dapat digunakan untuk produksi? Tidak disarankan. XAMPP dirancang untuk digunakan sebagai lingkungan pengembangan lokal dan tidak dijamin untuk aman dalam lingkungan produksi.

Jika Anda ingin menjalankan aplikasi di lingkungan produksi, disarankan untuk menggunakan lingkungan yang didedikasikan untuk tujuan tersebut.

Itulah tadi Cara Install XAMPP di Ubuntu yang dapat Kelbi.web.id sampaikan, semoga bermanfaat ya.