3 Cara Pasang TWRP Lewat Recovery Bawaan dengan Mudah dan Cepat

Cara Pasang TWRP Lewat Recovery Bawaan

KELBI.WEB.ID – Pernah dengar tentang TWRP? Atau mungkin kamu lagi mencari cara untuk install TWRP lewat recovery bawaan yang ada di smartphone kamu?

Tenang, di sini kita akan bahas tuntas cara pasang TWRP lewat recovery bawaan yang mudah dan cepat.

TWRP, atau Team Win Recovery Project, adalah salah satu recovery custom terpopuler yang digunakan oleh banyak pengguna Android untuk berbagai macam keperluan modifikasi perangkat mereka.

Kenapa Harus Pasang TWRP?

Sebelum kita masuk ke cara pasang TWRP lewat recovery bawaan, penting buat kamu tahu kenapa sih banyak orang tertarik untuk menggunakan TWRP ini.

Pertama, TWRP menawarkan fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan recovery bawaan yang sudah terpasang secara default di perangkat Android.

Dengan TWRP, kamu bisa melakukan backup sistem lengkap, install custom ROMs, root perangkat, dan masih banyak lagi. Pokoknya, kebebasan untuk modifikasi perangkat jadi lebih lebar.

Persiapan Sebelum Install TWRP

Sebelum kita mulai dengan cara pasang TWRP lewat recovery bawaan, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Ini penting nih, supaya proses instalasi berjalan lancar dan aman:

  1. Pastikan Baterai Cukup: Pastikan perangkat kamu memiliki baterai minimal 50% sebelum melakukan instalasi, biar tidak terjadi kegagalan proses di tengah jalan karena kehabisan baterai.
  2. Backup Data Penting: Meskipun langkah ini tidak akan menghapus data di perangkat kamu, lebih baik aman dengan backup semua data penting yang ada di perangkat kamu. Kamu tidak akan mau kan kehilangan foto-foto kenangan atau dokumen penting?
  3. Unduh File TWRP yang Sesuai: Kamu harus mencari dan mengunduh file TWRP yang kompatibel dengan model perangkat kamu. Situs resmi TWRP adalah tempat terbaik untuk mendapatkan file tersebut.

Cara Install TWRP Lewat Recovery Bawaan

Nah, sekarang kita masuk ke bagian yang kamu tunggu-tunggu, yaitu cara pasang TWRP lewat recovery bawaan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke Recovery Mode: Pertama, kamu perlu masuk ke recovery mode bawaan yang sudah terinstall di perangkat kamu. Caranya bisa berbeda-beda tergantung pada merk dan model perangkat, tapi biasanya melibatkan menekan kombinasi tombol Volume Up + Power secara bersamaan.
  2. Apply Update from ADB: Setelah masuk ke recovery mode, pilih opsi ‘Apply Update from ADB’. Ini akan memungkinkan perangkat kamu menerima file instalasi TWRP dari komputer via ADB (Android Debug Bridge).
  3. Kirim File TWRP ke Perangkat: Sambungkan perangkat kamu ke komputer menggunakan kabel USB, lalu buka command prompt atau terminal di komputer kamu. Gunakan perintah adb sideload <nama-file-twrp.img> untuk mengirim file TWRP ke perangkat kamu.
  4. Install TWRP: Setelah file TWRP terkirim, perangkat kamu akan otomatis memulai proses instalasi TWRP. Tunggu sampai proses selesai.
  5. Reboot ke TWRP: Setelah instalasi selesai, pilih opsi ‘Reboot to Recovery’ untuk memulai ulang perangkat kamu langsung ke TWRP yang baru saja diinstal.

Tips dan Trik Menggunakan TWRP

Setelah berhasil melakukan cara pasang TWRP lewat recovery bawaan, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan dengan TWRP untuk memaksimalkan penggunaan perangkat Android kamu:

  • Rooting Perangkat: Dengan TWRP, kamu bisa dengan mudah melakukan rooting perangkat kamu. Rooting memungkinkan kamu untuk mendapatkan akses lebih dalam ke sistem Android, yang memungkinkan untuk menginstal aplikasi yang membutuhkan akses root, menghapus bloatware, dan lain-lain.
  • Install Custom ROM: Jika kamu merasa bosan dengan tampilan atau performa sistem operasi bawaan, dengan TWRP kamu bisa menginstal custom ROM yang memberikan tampilan baru dan fitur tambahan yang tidak kamu dapatkan pada sistem operasi bawaan.

Kesimpulan

Nah, itu dia cara pasang TWRP lewat recovery bawaan yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu tidak hanya berhasil memasang TWRP tapi juga membuka peluang untuk eksplorasi lebih jauh dengan Android kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

***